Harga Pokok Penjualan: Serba-Serbi Beserta Tipsnya

tagihanatur
13 Nov 2020

Baik dalam usaha dagang maupun manufaktur, harga pokok penjualan adalah hal yang sangat penting. Harga pokok penjualan akan menjadi dasar dari harga jual yang akan ditetapkan. Harga pokok penjualan ini tidak bisa ditetapkan tanpa dasar yang jelas. Perlu perhitungan yang tepat untuk bisa menetapkan harga pokok penjualan yang benar-benar sesuai.

Pada artikel kali ini, Aturtagihan akan membagikan informasi-informasi penting seputar harga pokok penjualan termasuk tips menetapkan harga pokok penjualan. Informasi ini akan sangat berguna untuk Anda para pelaku bisnis perdagangan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan mencakup seluruh beban yang ditanggung badan usaha untuk bisa menghasilkan produk tersebut. Beban ini dapat berupa materi maupun sumber daya lain yang harus ditanggung untuk menciptakan sebuah produk. Secara sederhana, harga pokok penjualan dapat diartikan sebagai jumlah pengeluaran yang dibebankan untuk bisa menghasilkan produk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga pokok penjualan adalah seluruh biaya yang ditanggung badan usaha untuk bisa mendapatkan produk tersebut. Harga pokok penjualan meliputi harga bahan, gaji karyawan dan biaya overhead.

Untuk bisa menetapkan harga pokok penjualan, Anda perlu mengetahui tiga hal di bawah ini:

1.Persediaan awal

Persediaan awal adalah persediaan barang dagangan di awal periode akuntansi. Saldo persediaan awal dapat dilihat pada neraca awal tahun.

2.Persediaan akhir

Sebaliknya, persediaan akhir adalah persediaan barang dagangan di akhir periode akuntansi. Untuk mengetahui persediaan akhir barang dagangan, Anda bisa melihat saldo akhir sebelum tutup buku.

3.Pembelian bersih

Pembelian bersih adalah seluruh pembelian yang dilakukan badan usaha.

Setelah memahami ketiga hal ini, barulah Anda bisa menetapkan harga pokok penjualan. Rumus untuk menghitung harga pokok penjualan adalah sebagai berikut:

Harga Pokok Penjualan = Pembelian bersih + Persediaan awal – Persediaan akhir.

Pentingnya Harga Pokok Penjualan

Mengapa perlu mengetahui harga pokok penjualan? Karena dari harga pokok penjualan inilah Anda bisa menetapkan harga jual produk di pasaran. Dari harga pokok penjualan ini Anda akan bisa menentukan perhitungan laba yang hendak diambil. Harga pokok penjualan menjadi salah satu inti untuk menetapkan strategi terkait harga produk dalam bisnis Anda.

Tiga prinsip penetapan Harga Pokok Penjualan

Terdapat tiga prinsip penetapan harga pokok penjualan. Ketiga hal ini bisa menjadi pedoman Anda ketika menghitung harga pokok penjualan dan harga jual produk. Tiga prinsip tersebut adalah:

1.Tepat

Menghitung harga pokok penjualan adalah seni dalam keuangan bisnis Anda. Harga pokok penjualan yang tepat adalah harga pokok penjualan yang tepat. Harga ini seharusnya bisa merepresentasikan produk dengan pas.

2.Wajar

Mengapa wajar? Sebab harga pokok penjualan yang wajar akan menghasilkan harga jual yang wajar pula. Harga jual yang wajar akan mampu bersaing di pasar. Dari harga pokok penjualan yang wajar, Anda bisa menetapkan harga jual yang wajar dan sesuai dengan kondisi dan situasi masyarakat yang menjadi target pasar Anda.

3.Rasional

Menetapkan harga jual produk haruslah rasional. Harga yang ditetapkan harus selaras dengan nilai yang ada pada produk. Untuk bisa menghasilkan harga jual yang rasional, diperlukan harga pokok penjualan yang rasional pula.

Tips menetapkan Harga Pokok Penjualan

Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk bisa menentukan harga pokok penjualan yang sesuai dengan tiga prinsip di atas:

  1. Lihat harga di pasaran
  2. Sesuaikan dengan target pasar
  3. Lirik harga kompetitor
  4. Jangan terlalu mahal atau murah, tetapkan harga yang pas!
  5. Pastikan harga telah menutupi semua kebutuhan Anda

Itulah enam tips yang menentukan harga pokok penjualan versi Aturtagihan. Tips-tips tadi bisa Anda aplikasikan pada bisnis yang Anda kelola. Informasi tadi kami sajikan khusus untuk Anda para pengguna setia Aturtagihan. Aturtagihan, memudahkan segala proses penagihan Anda.

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 30 Nov 2020

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Scale Up Bisnis Anda!

Apakah memulai bisnis harus dimulai dengan modal usaha yang besar? Dengan angka fantastis hingga milyaran hingga triliunan. Apakah mengembangkan bisnis harus menggunakan modal usaha yang jauh lebih besar? Apakah benar demikian? Tidak, memulai bisnis tidak selalu bermula dengan modal usaha fantastis. Berbisnis bisa bermula dari hal-hal sederhana yang terasa sangat mungkin untuk dilakukan. Modal usaha […]

Bisnis 30 Nov 2020

Surat Izin Usaha Perdagangan: Deskripsi, Syarat dan Prosedurnya

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah hal yang penting dalam bisnis. Surat ini menjadi penanda legalitas usaha yang Anda kelola. Tanpa surat ini, usaha Anda belum diakui secara hukum oleh negara. Tanpa surat ini pula, usaha yang Anda dirikan belum memiliki kekuatan secara hukum sehingga rawan terhadap berbagai urusan terkait hukum dan hak-hak terkaitnya. Surat Izin […]

Bisnis 23 Nov 2020

Jenis-Jenis Badan Usaha yang Perlu Anda Pahami

Terdapat banyak sekali jenis badan usaha. Mungkin, hampir semua jenis badan usaha yang ada sudah pernah Anda temui. Mulai dari badan usaha yang menjadi hak milik negara hingga badan usaha kecil yang ada di sekitar rumah Anda. Setiap jenis badan usaha memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri ini penting untuk Anda pahami, terutama apabila Anda tertarik […]