Jenis-Jenis Badan Usaha yang Perlu Anda Pahami

tagihanatur
23 Nov 2020

Terdapat banyak sekali jenis badan usaha. Mungkin, hampir semua jenis badan usaha yang ada sudah pernah Anda temui. Mulai dari badan usaha yang menjadi hak milik negara hingga badan usaha kecil yang ada di sekitar rumah Anda. Setiap jenis badan usaha memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri ini penting untuk Anda pahami, terutama apabila Anda tertarik untuk membangun badan usaha milik Anda sendiri.

Dalam artikel kali ini, Atur Tagihan akan memberikan penjelasan yang ringkas dan jelas terkait jenis-jenis badan usaha yang ada di sekitar kita. Simak selengkapnya di bawah ini!

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Jenis badan usaha yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Siapa yang tidak tau dengan BUMN? Jenis badan usaha yang menjadi incaran banyak orang sebagai tempat meniti karier. Namun, ketenaran BUMN tidak dibarengi dengan pengetahuan yang lengkap seputar apa saja badan usaha yang termasuk dalam BUMN.

Secara umum, terdapat tiga badan usaha yang termasuk dalam jajaran BUMN. Ketiga jenis badan usaha tersebut adalah:

Perusahaan Jawatan

Jenis badan usaha ini memiliki modal dari pemerintah. Usaha yang dijalankan merupakan jenis usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Fokusnya hanya pada pelayanan masyarakat saja, bukan mencari keuntungan yang besar untuk bisnis. Contoh dari jenis badan usaha ini adalah PT. KAI yang sekarang sudah bergeser menjadi perusahaan persero.

Perusahaan Umum

Perusahaan umum atau Perum juga memiliki tujuan yang sama seperti perusahaan jawatan. Namun, Perum juga memiliki target lain yaitu mendapatkan keuntungan atau laba bisnis. Sampai saat ini, badan usaha negara yang berjenis Perum secara perlahan beralih pada jenis yang berikutnya yaitu persero.

Perusahaan Persero

Walaupun namanya adalah Badan Usaha Milik Negara, salah satu jenis badan usahanya adalah perusahaan milik perseorangan atau persero. Badan usaha ini bertujuan untuk memberikan pelayan pada masyarakat serta mendapatkan keuntungan. Jenis kepemilikannya adalah milik negara dengan status karyawannya adalah pegawai swasta.

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Jenis badan usaha berikutnya adalah Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS. Dalam BUMS, terdapat 4 jenis badan usaha:

Firma

Badan usaha ini didirikan oleh beberapa orang. Masing-masing pendiri memiliki hak yang sama untuk mengelola usahanya. Pembagian laba juga dilakukan secara rata sesuai porsi modal dan pengelolaan yang dilakukan.

Commanditaire Vennootschap (CV)

Hampir sama dengan Firma, CV juga didirikan oleh beberapa orang. Namun, yang membedakan CV dengan Firma adalah kewenangan untuk mengelola usaha. Hanya ada satu pihak yang memiliki tanggung jawab penuh untuk mengelola usaha. Sedangkan pihak lainnya hanya berperan sebagai pemberi modal.

Perusahaan perseorangan

Badan usaha yang satu ini didirikan dan dikelola oleh satu pihak. Modal, manajemen hingga laba menjadi tanggung jawab dan keuntungan pihak tersebut. Biasanya, perusahaan perseorangan didirikan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Perusahaan terbatas (PT)

PT adalah jenis badan usaha yang paling banyak digemari. Berbagai pihak bisa ikut terlibat dan mendapatkan keuntungan dengan menanamkan modal berupa pembelian saham. Ada banyak keunggulan yang dimiliki PT dibandingkan jenis badan usaha lainnya. Apalagi untuk pihak-pihak yang berniat mengembangkan bisnisnya menjadi bisnis berskala besar.

Koperasi

Selain BUMN dan BUMS, ada pula jenis badan usaha koperasi. Koperasi memiliki ciri khusus yaitu prinsip dan asas yang dijadikan landasan serta pedoman. Koperasi tetap bertujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Namun, koperasi bergerak dengan asas ekonomi rakyat.

Itulah tiga jenis badan usaha yang ada di sekitar kita. Mana saja jenis badan usaha yang pernah Anda temui? Atau, Anda menjadi pemilik salah satu jenis badan usaha di atas? Jika iya, Anda bisa menciptakan sistem atur tagihan yang lebih praktis bersama aturtagihan.com. Kelola tagihan Anda dengan lebih cepat dan dan mudah.

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 30 Nov 2020

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Scale Up Bisnis Anda!

Apakah memulai bisnis harus dimulai dengan modal usaha yang besar? Dengan angka fantastis hingga milyaran hingga triliunan. Apakah mengembangkan bisnis harus menggunakan modal usaha yang jauh lebih besar? Apakah benar demikian? Tidak, memulai bisnis tidak selalu bermula dengan modal usaha fantastis. Berbisnis bisa bermula dari hal-hal sederhana yang terasa sangat mungkin untuk dilakukan. Modal usaha […]

Bisnis 30 Nov 2020

Surat Izin Usaha Perdagangan: Deskripsi, Syarat dan Prosedurnya

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah hal yang penting dalam bisnis. Surat ini menjadi penanda legalitas usaha yang Anda kelola. Tanpa surat ini, usaha Anda belum diakui secara hukum oleh negara. Tanpa surat ini pula, usaha yang Anda dirikan belum memiliki kekuatan secara hukum sehingga rawan terhadap berbagai urusan terkait hukum dan hak-hak terkaitnya. Surat Izin […]

Bisnis 23 Nov 2020

Jenis-Jenis Badan Usaha yang Perlu Anda Pahami

Terdapat banyak sekali jenis badan usaha. Mungkin, hampir semua jenis badan usaha yang ada sudah pernah Anda temui. Mulai dari badan usaha yang menjadi hak milik negara hingga badan usaha kecil yang ada di sekitar rumah Anda. Setiap jenis badan usaha memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri ini penting untuk Anda pahami, terutama apabila Anda tertarik […]