Surat Izin Usaha Perdagangan: Deskripsi, Syarat dan Prosedurnya

tagihanatur
30 Nov 2020

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah hal yang penting dalam bisnis. Surat ini menjadi penanda legalitas usaha yang Anda kelola. Tanpa surat ini, usaha Anda belum diakui secara hukum oleh negara. Tanpa surat ini pula, usaha yang Anda dirikan belum memiliki kekuatan secara hukum sehingga rawan terhadap berbagai urusan terkait hukum dan hak-hak terkaitnya.

Surat Izin Usaha Perdagangan juga menjadi penting karena surat ini merupakan salah satu dokumen utama yang wajib dimiliki oleh setiap usaha. Mulai dari usaha kecil hingga usaha-usaha yang besar sekalipun. Anda tidak bisa menyepelekan surat izin hanya karena merasa bisnis Anda masih tergolong usaha kecil. Anda juga tidak bisa menyepelekan surat izin karena merasa usaha Anda sudah cukup besar dan memiliki kekuatan bisnis yang sudah mumpuni. Baik bisnis kecil maupun bisnis besar, Surat Izin Usaha Perdagangan tetap menjadi dokumen wajib dan penting.

Apa itu Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah izin operasional untuk segala jenis badan usaha (perusahaan, firma, CV, koperasi, dan lain sebagainya). Surat izin operasional ini menunjukkan legalitas sebuah badan usaha untuk melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan yang mencakup kegiatan jual beli barang atau jasa.

Namun, ada beberapa badan usaha yang tidak diwajibkan untuk mengurus SIUP. Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007, beberapa badan usaha ini tidak perlu memiliki SIUP:

  1. Kantor cabang atau kantor perwakilan perusahaan. SIUP hanya perlu dimiliki oleh kantor utama dari perusahaan tersebut.
  2. Persekutuan kecil perorangan yang badan usahanya dikelola sendiri oleh pemilik atau kerabat dekat pemilik usaha. 
  3. Pedagang kaki lima pedagang keliling, pedagang asongan, dan pedagang yang serupa.

Syarat membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Berdasarkan Buku Panduan Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan BPMD-PTSP, ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan untuk bisa mengajukan SIUP. syarat-syarat tersebut adalah:

  1. Formulir pengajuan dilengkapi materai Rp6000,00
  2. Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  3. Fotokopi Izin Gangguan (HO)
  4. Data informasi peralatan, kapasitas produksi, modal dan tenaga kerja yang dimiliki badan usaha

Untuk badan usaha CV, ada persyaratan tambahan yang juga perlu disiapkan:

  1. Fotokopi Akta Pendirian
  2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Neraca awal

Untuk badan usaha Perseroan Terbatas dan koperasi, persyaratan tambahan yang perlu disiapkan adalah:

  1. Surat Keputusan Menteri Hukum (bagi badan usaha Perseroan Terbatas)
  2. Surat Keputusan Menteri Koperasi (bagi badan usaha koeprasi)
  3. Data akta usaha
  4. Fotokopi KTP direktur dan komisaris

Bagaimana cara mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan?

Ternyata, cara mengurus SIUP sangat mudah, lho. Berikut prosedur untuk mendapatkan SIUP:

  1. Mengisi formulir pengajuan di Dinas Perizinan Kota tempat badan usaha berada
  2. Melengkapi berkas yang wajib dilampirkan
  3. Membayar biaya administrasi
  4. Tunggu hingga SIUP resmi diberikan

Dari keempat proses ini, tahapan melengkapi berkas adalah tahapan yang paling sulit. Anda perlu menyiapkan berbagai berkas yang diperlukan. Urus semua dokumen-dokumen yang harus disertakan sebelum Anda hendak mengurus SIUP untuk badan usaha Anda.

Setelah mengurus SIUP, ban usaha Anda akan resmi dan memiliki legalitas secara hukum. Selamat, Anda sudah bisa memulai petualangan bisnis Anda.

Untuk memudahkan petualangan bisnis Anda, gunakan layanan penagihan dari Aturatagihan. Atur tagihan Anda dengan cara yang praktis dan efisien. Percayakan penagihan Anda pada Aturtagihan. Cek website kami di aturtagihan.com untuk melihat informasi lebih lengkapnya.

Komentar

Artikel Terkait
Bisnis 30 Nov 2020

Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Scale Up Bisnis Anda!

Apakah memulai bisnis harus dimulai dengan modal usaha yang besar? Dengan angka fantastis hingga milyaran hingga triliunan. Apakah mengembangkan bisnis harus menggunakan modal usaha yang jauh lebih besar? Apakah benar demikian? Tidak, memulai bisnis tidak selalu bermula dengan modal usaha fantastis. Berbisnis bisa bermula dari hal-hal sederhana yang terasa sangat mungkin untuk dilakukan. Modal usaha […]

Bisnis 30 Nov 2020

Surat Izin Usaha Perdagangan: Deskripsi, Syarat dan Prosedurnya

Surat Izin Usaha Perdagangan adalah hal yang penting dalam bisnis. Surat ini menjadi penanda legalitas usaha yang Anda kelola. Tanpa surat ini, usaha Anda belum diakui secara hukum oleh negara. Tanpa surat ini pula, usaha yang Anda dirikan belum memiliki kekuatan secara hukum sehingga rawan terhadap berbagai urusan terkait hukum dan hak-hak terkaitnya. Surat Izin […]

Bisnis 23 Nov 2020

Jenis-Jenis Badan Usaha yang Perlu Anda Pahami

Terdapat banyak sekali jenis badan usaha. Mungkin, hampir semua jenis badan usaha yang ada sudah pernah Anda temui. Mulai dari badan usaha yang menjadi hak milik negara hingga badan usaha kecil yang ada di sekitar rumah Anda. Setiap jenis badan usaha memiliki ciri khasnya tersendiri. Ciri ini penting untuk Anda pahami, terutama apabila Anda tertarik […]